Home » » Review Harga Batako Semi Press di Samarinda

Review Harga Batako Semi Press di Samarinda

Harga Batako Semi PressSebelum memutuskan untuk membeli Batako, ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan oleh konsumen. Hal ini menjadi sangat penting untuk menjadi pertimbangan dari sisi quantitas dan Qualitas, serta harga satuannya.

Banyak konsumen Batako terkecoh oleh penawaran harga yang lebih murah dari produk serupa, namun sesungguhnya anda telah membuang banyak uang akibat pemilihan yang hanya berdasarkan pada satu pertimbangan..yakni variable harga tersebut. Untuk itu berikut saya jelaskan beberapa pertimbangan bagi calon konsumen sebelum memutuskan untuk membeli Batako sbb:


A. Ukuran Batako

Untuk ukuran saya bedakan menjadi 2, yakni ukuran standar dan ukuran semi jumbo. di kota samarinda para produsen batako kebanyakan membuat produk batako standard dengan ukuran panjang 28cm, lebar 7-7.5cm, serta tinggi 12-13cm. Untuk ukuran batako semi jumbo sendiri mempunyai ukuran yang lebih besar dengan dimensi panjang 30cm, lebar 7-7.5cm, serta tinggi 15cm.


B. Kualitas

Kualitas ini merupakan gambaran dari kekuatan, ukuran yang presisi dari sebuah batako. Dan sangat penting anda untuk bertanya ke produsen mengenai kualitas pencampuran, dan perbandingan antara semen dan pasir, serta quantitas produksi batako dalam 1 sak semen dapat menghasilkan produk batako. umumnya untuk medapatkan hasil yang baik dalam qualitas produksi menggunakan perbandingan 1:4 (1 sak semen 50kg berbanding dengan 4 pasir dalam Arco). Idealnya semakin kecil perbandingan pasir terhadap semen, maka semakin baik pula kualitasnya..demikian juga sebaliknya. saya sarankan jangan terpaut hanya pada satu produsen saja untuk mereview kualitas batako.

C. Variable Harga

Pepatah mengatakan " harga sesuai mengikuti kualitas". ini ada benarnya juga karena untuk memproduksi batako yang berkualitas memerlukan biaya produksi/pcs yang cukup besar, walaupun juga terkadang tidak selalu begitu. Dibeberapa daearah untuk biaya produksi bisa lebih murah, hal ini tergantung dari biaya pembelian bahan dasar batako yakni pasir dan semen. Jangan terkecoh oleh harga satuan yang lebih murah, karena bisa jadi itu sebuah pilihan yang tidak tepat yang dapat meningkatkan biaya/ anggaran pembangunan kontruksi anda. Tentunya anda dapat menghitung berapa kebutuhan batako per meter persegi nya dengan pilihan batako yang saya sebutkan diatas. berikut ilustrasi cost & benefit dari dua ukuran diatas.
    • Batako standar mempunyai dimensi luasan area 28*12.5cm = 350 cm2 atau 0.035 m2, kisaran angka penjualan COD samarinda Rp. 1800/biji
    • Batako dengan ukuran  30*15cm dengan luas penampang 0.045 m2, umunya ditawarkan dengan harga Rp. 2150/ biji
    Perhitungan:
    • dalam 1 Meter persegi membutuhkan kurang lebih 27 biji batako untuk ukuran batako standart
    • Batako semi jumbo dalam 1 meter persegi membutuhkan kurang lebih 22 biji batako
    Dari penjelasan diatas dalam 1 meter persegi dengan menggunakan batako standar mengeluarkan biaya sejumlah 27 biji x Rp. 1800= Rp 48.600

    Sedangkan untuk harga batako semi jumbo dengan harga satuan yang lebih mahal didapat harga per meter persegi  sejumlah 22 biji x Rp. 2100 = 46.200

    Dari perhitungan perbandingan diatas, terdapat selisih harga sejumlah Rp. 2400, dan ternyata cost yang dikeluarkan lebih banyak bila anda menggunakan batako standar walaupun harga per biji nya lebih murah ketimbang batako semi jumbo.

    Dapat anda bayangkan berapa pemborosan biaya yang anda keluarkan dan berapa biaya yang dapat anda hemat saat anda memutuskan untuk membeli produk batako A atau B hanya dari 1 material saja, belum lagi ditambah dengan material lainnya untuk menyambung antar ubin batako (luluhan = semen + pasir). Karena semakin banyak qty yang disambung, maka semakin banyak juga membutuhkan luluhan pasir dan semen.

    Demikian sekilas review harga batako bagi calon konsumen yang budiman. semoga tulisan ini bermanfaat sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli.

    "jadilah pembeli yang bijak" dengan mempertimbangan cost efesiensi dan qualitas serta quntitas dari sebuah produk.

    salam
    Jasa saudara

    Info CS: 085387107753



    Terimakasih telah membca artikel berjudul Review Harga Batako Semi Press di Samarinda

    0 komentar Review Harga Batako Semi Press di Samarinda