Home » » Harga Batu Split di Samarinda

Harga Batu Split di Samarinda

Batu Split merupakan jenis batuan alam baik yang berasal dari bahan baku lokal maupun import. namun di kota samarinda sendiri secara umum konsumen menyebut dalam frase umum batu split, padahal bila kita detailkan kembali, ternyata batu split ada beragam jenis dan penamaan yang berbeda di lingkup konsumen.

Nah disini saya akan coba paparkan jenis jenis dan ukuran batu split atau juga disebut koral palu untuk kegunaan pengecoran yang diperdagangkan di kota samarinda, baik yang berkualitas lokal maupun kualitas impor.


Batu Split Lokal 

Merupakan batu split yang diproduksi dari olahan material alam lokal yang terdapat dan dihasilkan dari alam samarinda. Umumnya batu split yang diproduksi dari material lokal samarinda bersasal dari jenis batu gamping atau biasa disebut batu gunung. Dari lokasi asalnya batu ini didapat dari tambang galain C yang memang berada dipengunungan di area samarinda dan sekitarnya. batuan ini sebenarnya merupakan material sedimentasi fosil laut yang menjadi material karbonat. Pada proses pembentukan material ini sebenarnya terjadi dikedalaman laut melaui proses sedimentasi dan kompaksi yang berlangsung dalam jutaan tahun yang lalu. Akibat proses bumi, salah satunya proses pengangkatan lempeng samudra yang saat ini menjadi daratan, sehingga kini banyak kita temukan gunung gunung dengan material penyusunnya merupakan batu kapur atau batu gamping, atau juga dikenal dengan batu gunung, yang saat ini digunakan sebagai bahan baku batu split lokal samarinda.

Untuk ukuran batu split lokal maupun import dibuat dalam beberapa ukuran butir yang biasa di jual atau diperdagangkan untuk kebutuhan lokal. Ukuran butir dibuat dalam skala ukur centimeter, sebagai contoh ukuran batu split 1.1, 1.2, 2.3, dan 3.4 untuk ukuran yang lebih besar.

Batu Split Impor atau disebut dengan Koral Palu

Dari namanya saja dapat dipastikan batu split ini masuk ke samarinda melalui import dari luar pulau, sebenarnya batu split ini merupakan produk olahan dari batuan dari jenis batuan beku. untuk defenisi batuan beku bisa baca lebih lanjut di link tautan ya...


Manfaat Batu Split Sebagai Bahan Bangunan

Beragam manfaat batu split untuk sebagai bahan bangunan diantaranya adalah untuk pengecoran, pengerasan jalan, atau juga dapat dipakai sebagai ornamen batu hias untuk mempercantik dinding dan halaman rumah. Untuk penggunaan sebagai bahan ornamen digunakan batu koral dalam bentuk yang bulat, dan ukuran batu koral ini disesuaikan dengan kebutuhan ornamen tersebut.

Di kota samarinda, dalam hal harga batu split yang sesuai dengan ukuran batu split dapat dilihat dari tabel dibawah ini:

harga batu split samarinda
Gambar 1. Tabel Harga Batu Split Samarinda
Note: harga diatas merupakan harga dasar, apabila jarak kirim jauh dari lokasi penumpukan, maka ongkos kirim menyesuaikan dengan jarak tempuh
Demikian sedikit artikel tentang batu split , semoga bermanfaat bagi pembaca dan konsumen di samarinda. Jika berminat atau sekedar konsultasi harga batu split samarinda dan ukuran batu split yang sesuai dengan type pekerjaan anda...monggo silahkan sms/call ke HP: 085387107753

=>Baca Juga Daftar Harga Material Bahan Bangunan Samarinda



Terimakasih telah membca artikel berjudul Harga Batu Split di Samarinda

1 komentar : Harga Batu Split di Samarinda