Home » » Peralatan Pembuatan Batako

Peralatan Pembuatan Batako

Sebelum memutuskan untuk membuat batako, perlu dipertimbangkan pemilihan metode dan kapasitas produksi yang ditargetkan per satuan waktu atau persatuan hari. saat ini dalam hal proses pembuatan dapat dibagi kedalam 2 kelompok umum metode pembuatan Batako yakni dengan cara mekanis press dan dengan cara manual semi press.

A. Batako Press

Proses pembuatan batako mekanis ini dialakukan dengan peralatan khusus yang terdiri dari mesin cetak dan mesin pengaduk/pencampur adonan serta sumber energi listrik. Pada proses mekanis ini dapat memproduksi massal hingga >1500 biji/hari dan pengerjaannya pun dapat dilakukan lebih efesien dengan hanya 2 orang pekerja. Salah satu pekerja bertugas untuk mensupplay campuran pasir dan semen ke dalam bilik pengaduk, dan salah satu pekerja bertugas untuk mengoperasikan mesin press pembuat batako.                                 
Prinsip kerja dari proses ini cukup praktis, adonan yang tercampur dengan homogen di dalam bilik pengaduk akan diumpankan kedalam mesin pencetak dengan cara buka tutup pada bilik pengaduk. Pada saat proses pressing terjadi, maka secara otomatis bilik pengaduk akan tertutup, dan pada saat tidak ada proses pressing pada mesin press..maka bilik pengaduk akan terbuka dan mengumpankan adonan ke dalam mesin cetak press.

molen pengaduk batako
                                           Contoh mesin batako + pengaduk

genset sebabagai sumber listrik
                                                        Contoh mesin mesin penghasil energy

Untuk menjalan usaha pembuatan batako press yang sederhana dibutuhkan biaya peralatan yang cukup tinggi, untuk memulai usaha ini..pengusaha minimal memiliki alokasi dana sejumlah 45 juta. dan itupun belum ditambah dengan biaya bangunan ataupun sewa lahan.

B. Batako Semi Press 
Pada proses ini, pembuatan batako dilakukan secara manual full dikerjaan oleh skill manusia dalam hal proses pencampuran bahan hingga proses pencetakan campuran. Pertimbangan untuk membuat batako secara manual dapat dilakukan apabila kapasitas produksi <500pcs/hari. selain itu mungkin dalam dunia usaha batako manual terkendala ketidakmampuan pengusaha kelas kecil untuk berinvestasi peralatan mekanis. untuk usaha batako manual tidak diperlukan biaya produksi yang tinggi, cukup dengan peralatan sederhana dan tempat percetakan sudah bisa memulai usaha ini.

pembuatan batako manual
Adonan dimasukkan secara manual kedalam cetakan sederhana, kemudian dilakukan pemadatan dengan cara dipukul pukul pada bagian atas adonan dalam cetakan. Setelah dirasa padat dan adonan merata sesuai dengan bentuk cetakan kemudian hasil cetakan batako ditempatkan ke dalam tempat pengeringan. waktu pengeringan batako berkisar hingga 2 hari dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.  



                                                           
peralatan cetak batako



peralatan cetak batako

peralatan pengaduk adonan batako

Peralatan yang dubutuhkan  cukup sederhana, dan biasa dipesan  ditukang las dengan design yang beraneka ragam di tukang las lokal dilokasi anda. Anda cukup memberikan design dan ukuran dari cetakan batako, umumnya untuk biaya pembuatan cetakan manual ini berkisar antara 400rb-600rb rupiah. Selain itu untuk peralatan utama diperlukan untuk proses pencampuran adonan yakni sekop dan cangkul serta cetok.
dari pengalaman penulis, dengan hanya berinvestasi sejumlah 3 juta rupiah sudah bisa menjalankan usaha ini.

Informasi Harga Jual Batako dapat menghubungi HP: 085387107753



Terimakasih telah membca artikel berjudul Peralatan Pembuatan Batako

1 komentar : Peralatan Pembuatan Batako

  1. If you’re a crypto gamer looking for probably the greatest roulette apps for BTC then you will love what Bovada has to supply mobile players. Many online gamers state that this considered one of the|is amongst the|is probably certainly one of the} greatest Bitcoin gambling websites within the US. The most unique half about this on line casino is truth that|the reality that} you’ll get to enjoy roulette tournaments nicely as|in addition to} distinctive variants like double ball roulette and platinum chip roulette. The primary issue we discovered as we reviewed this app was that although you will be able|it is possible for 빅카지노 you to} to make bank card deposits, this technique isn’t accepted for withdrawals.

    BalasHapus